Open top menu

Lambang seperti perkakas dan persenjataan banyak kita jumpai di prasasti atau naskah kuno. Apa maksud dari lambang-lambang tersebut ?

Sejak jaman dahulu nenek moyang manusia sudah berpikir untuk membuat sebuah lambang berupa simbol-simbol yang nantinya akan mempermudah mereka untuk mengingat dan mendokumentasikan segala sesuatu yang sifatnya penting kepada generasi penerusnya.

Berikut adalah arti 10 Simbol Alat dan Senjata.


Anak Panah
Anak panah adalah senjata yang dipakai oleh Apolo dan Diana, dewa-dewi dalam mitologi Yunanani yang melambangkan cahaya yang memiliki kekuatan tertinggi. Pada jaman Yunani kuno dan jaman sebelum kedatangan Kolumbus di benua Amerika panah menunjukkan arah sinar matahari. Anak panah juga dilambangkan sebagai hal berhubungan dengan hal sifatnya feminim dan lambang percintaan terutama terlihat pada simbol anak panah yang menembus jantung.

Tombak
Tombak melambangkan simbol peperangan dan Penis yang sedang ereksi. Tombak lebih melambangkan hal sifatnya jasmaniah. Sering dihubung-hubungkan dengan cangkir dan piala. Secara umum tombak juga diartikan sebagai tanda percabangan pada pohon dan sumbu antara gunung dan lembah. Tombak yang diberikan kepada seorang ksatria melambangkan kejujuran. Tombak yang berdarah diartikan sebagai gairah tetapi sebagian ada yang menganggapnya sebagai lambang pengorbanan.

Obor
Identik dengan matahari, simbol cahaya kemurnian. Merupakan senjata yang digunakan oleh Herkules saat melawan Ular Naga (Hydra) dari Lerna.

Dayung
Dalam kepercayaan Mesir kuno dayung melambangkan pukulan yang menghancurkan dan juga lambang kemenangan atas musuh. Sehingga dayung dianggap sebagai simbol pembinasaan, ketegasan sifat manusia dan juga melambangkan monster dalam mitologi Yunani karena berkaitan dengan Herkules.

Jaring
Jaring dilambangkan dengan simbol anyaman pita yang mengandung makna sebagai halangan atau rintangan. Jaring adalah senjata Varuna, dewa Uranian. Ea, dewa air dan kebijaksanaan tidak pernah berhadapan secara langsung saat membasmi monter jahat tetapi menggunakan taktik dan alat berupa jaring saat beraksi. Dalam ajaran Tao Te Ching disebutkan juga adanya hubungan antara jaring dan surga yaitu untuk sampai ke surga manusia harus melewati jaring-jaring yang terbentuk oleh titik bintang-bintang yang ada di angkasa. Makna dari ajarang ini adalah semua mahkluk yang ada di jagad raya ini selamanya berada dalam ikatan Tuhan dan tidak memiliki kemampuan untuk bisa lepas atau pun lolos dari ikatan tersebut.

Trisula
Berbagai macam interpretasi tentang senjata ini dimulai dari pandangan yang menyatakan bahwa alat ini adalah gigi dari monster laut. Merupakan senjata dari Neptunus dan lambang Iblis. Menggambarkan bahwa tiap mahkluk memiliki 3 unsur. Unsur pertama melambangkan potensi atau kekuatan. Trisula melambangkan permusuhan tiga lapis. Trisula juga melambangkan mata ketiga dari dewa Siwa( dewa perusak).

Sangkakala
Sangkakala melambangkan elemen api dan air juga melambangkan pegunungan atau puncak kembar dari Mars. Merupakan peralatan dari logam yang membedakan bangsawan dan ksatria. Sedangkan jika tidak terbuat dari logam, dari kayu atau bahan non logam lainnya sangkakala berkaitan dengan kawanan gembala. Sangkakala juga melambangkan kerinduan akan kemasyhuran dan kejayaan.

Gendang
Bunyi-bunyian utama. Merupakan pengantar dari sebuah sabda pada sebuah upacara adat dan upacara yang sifatnya magis.

Palu
Peralatan atau senjata dari seorang pemimpin atau tetua yang sudah diberkati secara mistik melambangkan kekuatan. Palu dengan dua kepala seperti pedang bermata dua melambangkan gunung Mars dan sebuah kebalikan dari sebuah pengorbanan .

Pedang
Bentuk pedang pada dasarnya adalah bilah dan pengangan. Pada jaman pertengahan bentuk pedang dibuat menyerupai bentuk salib. Pedang melambangkan alat kelamin pria yang sedang ereksi. Melambangkan kematian dan kelahiran. Lambang pembantaian. Selalu dihubungkan dengan kata-kata atau sebuah perintah. Pedang juga dipakai dalam sebuah upacara untuk menghalau kekuatan gaib yang jahat. Pada ilmu pengetahuan kuno pedang diartikan sebagai api pemurnian. Pedang yang lurus melambangkan keperkasaan pria sedangkan pedang yang melengkung dimaksudkan untuk melukiskan sifat kewanitaan.

Warta10.blogspot.com
Tagged
Different Themes
Written by Lovely

Aenean quis feugiat elit. Quisque ultricies sollicitudin ante ut venenatis. Nulla dapibus placerat faucibus. Aenean quis leo non neque ultrices scelerisque. Nullam nec vulputate velit. Etiam fermentum turpis at magna tristique interdum.

0 Komentar